Investasi tanah kavling

Investasi Tanah Kavling, Alternatif Investasi Yang Menarik !

Kenapa harus investasi tanah kavling ? Mari kita lihat latar belakangnya.

Investasi di sektor real estat sangat menjanjikan karena dapat membawa banyak keuntungan. Selain itu, ada beberapa jenis investasi real estat yang dapat Anda pilih, mulai dari investasi rumah, apartemen, toko, ruko, penginapan, kos-kosan sampai investasi tanah kavling yang memiliki banyak keuntungan dibandingkan investasi di tanah sawah atau kebon.
Namun, semua jenis portofolio investasi memiliki risiko yang harus Anda ketahui sebelum memulai. Terutama bagi Anda yang tertarik untuk berinvestasi di tanah kavling, ada beberapa kelebihan dan kekurangan di masing-masing bentuk investasi.

Apakah Investasi Tanah Kavling Lebih Murah ?

Dibandingkan dengan jenis investasi real estat lainnya, seperti rumah atau apartemen, investasi tanah kavling membutuhkan modal yang jauh lebih sedikit. Ini karena tanah kavling umumnya dijual dengan harga yang lebih terjangkau daripada properti yang telah dilengkapi dengan bangunan, jadi sangat cocok untuk dipilih oleh orang yang hanya ingin mulai berinvestasi.

Investasi tanah kavling juga akan mengalami kenaikan harga di masa depan. Meskipun kenaikan harga tidak setinggi rumah, tetapi masih memperoleh keuntungan, terutama jika tanah berada di lokasi strategis dan sedang berkembang. Biasanya linkungkan juga akan berkembang seiring waktu, misal suatu daerah yang tiba-tiba akan berada di dekat jalan tol yang baru di bangun, atau ada pusat perbelanjaan yang di bagun di dekat nya, hal tersebut akan meningkatkan harga properti, baik tanah kavling atau rumah.

Tanah Kavling Tidak Memerlukan Perawatan

Jika investasi baru di rumah membutuhkan pemeliharaan rutin, itu berbeda dengan tanah kavling. Terutama jika membeli banyak lahan melalui pengembang, pengembang biasanya secara langsung mengelola pemeliharaan atau keamanannya. Dengan cara ini, ia dapat meminimalkan energi atau biaya perawatan tambahan.

 

Apabila tanah kavling membelinya tidak melalui pengembang, pembeli harus menambahkan biaya pemeliharaan kedalam budget pemeliharaannya, meskipun tidak banyak.

 

Mau Mendapatkan Informasi Mengenai Kavling Yang Layak Sebagai Investasi Di Bogor ?

CLICK DI SINI

 

Resiko Pada Investasi Tanah Kavling

Meskipun investasi tanah memiliki potensi untuk menghasilkan keuntungan besar, juga perlu diketahui risiko kerugian yang mungkin terjadi. Kita harus tahu bahwa tanah kavling dan jenis properti lainnya termasuk dalam aset yang tidak mudah likuid, atau tidak mudah dijual dalam waktu singkat, terutama jika tanah yang dimilikinya berada di lingkungan yang kurang strategis. Oleh karena itu, kita juga harus selalu berhati-hati dalam memilih lokasi tanah kavling tersebut.

Jika tanah kavling sebagai bentuk investasi yang kita miliki tidak ada dalam cluster perumahan, terdapat pula risikonya, yaitu orang lain akan mencoba menguasai nya. Misalnya, jika tanah kavling kita berada di lingkungan tanpa sumber daya atau di daerah padat penduduk yang penjagaannya minimum, sehingga pengambil alihan tanah dapat terjadi. Karena itu, sebaiknya kita harus secara rutin melakukan pengecekan tanah kavling kita dan memasang penghalang sebagai pagar. Disini legalitas tanah kavling harus di perhatikan. Dengan mempunyai legalitas yang jelaspun, kadang kala kejadian semacam itu masih terjadi, dan tentu saja akan menghabiskan sumber daya tenaga, pikiran dan uang untuk mengambil alih kembali tanah kavling kita. Oleh karena itu disarankan investasi tanah kavling dilakukan

 

Tanah Kavling Produktif

Ada satu keuntungan apabila memiliki investasi tanah kavling, yaitu dengan tanah kavling tersebut bisa di sewakan. Jika tanah yang dibeli tidak berada dalam perumahan, Anda dapat menyewakan tanah kepada orang lain untuk digunakan sebagai tempat usaha, tempat parkir, pusat kuliner, tempat cuci kendaraan dan lain sebagainya. Tentu saja, ini akan memberikan penghasilan tambahan yang cukup besar.

Bahkan beberapa pengembang telah membuat paket dalam investasi tanah kavling, yaitu dengan membuat tanah kavling tersebut sebagai tempat usaha bersama, seperti dengan penanaman tanaman produktif, contohnya tanaman pisang Cavendish, tanaman mangga, dan lain sebagainya. Tentu saja ada imbal balik dalam investasi tersebut, mungkin pada waktu tahun awal, pengembang yang akan menanggung biayar produksinya, sedangkan pada tahun selanjutnya akan dilakukan kesepakatan dengan pengelola lahan untuk bagi hasilnya. Suatu saat apabila kita ingin berinvestasi pada tanah kavling tersebut menjadi, misalnya villa atau rumah, biasanya juga tidak ada masalah. Karena kavling tersebut tetap menjadi milik kita sebagai investor.

Keuntungan yang di dapat dari pemanfaatan kavling tersebut jadinya ada dua, yaitu pendapatan dari kavling karena di tanami, dan di jual hasilnya, di samping itu akan mendapatkan kenaikan harga pertahun dari harga properti tersebut.

Tentu hal tersebut akan menarik untuk investor yang jeli dengan peluang emas ini.

 

Mau Mendapatkan Informasi Mengenai Kavling Yang Layak Sebagai Investasi Di Bogor ?

CLICK DI SINI

 

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah

6 Keuntungan Tanah Kavling Produktif Sebagai Investasi Super

5 Tips Membeli Tanah Kavling Yang Pas Untuk Anda