Keuntungan Tanah Kavling Produktif

6 Keuntungan Tanah Kavling Produktif Sebagai Investasi Super

Apa saja keuntungan tanah kavling produktif sebagai investasi ? Mungkin untuk Anda yang mempunyai dana untuk investasi, bisa mempertimbangkan salah satu produk investasi berupa tanah kavling ini.

Apakah Pengertian Tanah Kavling Produktif  Itu?

Tanah kavling produktif adalah sebuah lokasi tanah yang memiliki ukuran dan dapat berada di sebuah lahan kavling,  yang dibagi sesuai dengan ukuran panjang dan lebar tertentu. Tentu saja tanah kavling tersebut mampu menghasilakan, yang bisa menjadi income untuk pemiliknya. Hasilnya apa saja ? tergantung dari apa yang di usahakan pada kavling tersebut.

Umumnya tanah kavling memang di buat oleh developer, namun tidak menutup kemungkinan perorangan juga membuat tanah kavling, untuk di jual. Salah satu yang jelas, tanah kavling produktif biasanya mempunyai tujuan untuk investasi, dan bukan di huni, paling tidak untuk jangka pendek. Mungkin suatu saat pemilik akan membangun tanah kavling tersebut, itu adalah sah-sah saja. Perhatikan klausul jual beli pada waktu akan membeli tanah kavling.

Kalau tanah kavling akan segera di bangun, developer juga akan membantu dalam pengurusan legalitas pembangunan tanah kavling tersebut, seperti IMB. Tapi salah satu hal yang perlu di ingat, bahwa biasanya tanah kavling dijual mempunyai lokasi yang agak jauh dari pemukiman. Jadi mungkin untuk langsung membangun menjadi hunian juga kurang menguntungkan. Kecuali, kavling tersebut dibangun untuk villa, yang mungkin sekali-kali akan di kunjungi.

Keuntungan Tanah Kavling Produktif Sebagai Investasi

Ada beberapa keuntungan tanah kavling produktif sebagai investasi dibandingkan dengan bentuk investasi lain. Yang jelas, investasi dalam bentuk kavling memang dalam jangka panjang, kita tidak bisa mengharapkan kenaikan harga tanah dengan cepat, kecuali memang ada kondisi tertentu, seperti akan di bangun jalan tol di dekat tanah kita, atau sebab-sebab lain. Dan ada banyak keuntungan dari menggunakan tanah kavling produktif sebagai investasi, diantaranya yaitu :

1. Kenaikan Harga Tanah

Tanah  adalah salah satu properti yang memiliki kenaikan harga yang signifikan setiap tahun. Apabila diamati peningkatan  bisa mencapai 20% hingga 25% setiap tahun. Tidak mengherankan bahwa banyak investor lebih suka tanah sebagai portfolio investasi mereka. Meskipun tidak terlihat keuntungan dalam waktu dekat, tapi keuntungan ini mungkin terasa setelah 5 tahun ke depan. Kavling yang di beli dari  developer kemungkinan sudah mengalami kenaikan harga terlebih dahulu dibanding harga kavling dari perorangan, sebelum di jual, karena memang ada beberapa persiapan pada lahan, seperti pembuatan jalan kavling, sarana, legalitas, dan lain sebagainya.

Investor pasti mengetahui, kalau tanah, sebagai produk investasi yang tidak akan turun harganya. Yang mesti di pertimbangkan yaitu kecepatan dalam kenaikan harga. Kalau tanahnya strategis, kenaikan harga akan cepat, sebaliknya kalau tanah terletak di tempat yang tidak strategis, tentu akan mengakibatkan harga tanah akan mengalami kelambatan kenaikan.

Dalam membuat portfolio investasi, sebaiknya memang di bagi, untuk investasi jangka pendek, menengah atau panjang. Pengetahuan atas pembagian portfolio investasi tersebut sangat penting untuk investor. Jangan sampai investasi jangka panjang, seperti kavling tanah berubah menjadi investasi menjadi jangka pendek atau menengah. Tentu Anda akan mengalami kerugian investasi, atau seandainya untungpun tidak akan banyak.

2. Biaya Perawatan Yang Kecil

Salah satu keuntungan tanah kavling produktif sebagai investasi, yaitu biaya perawatan yang tidak besar. Tidak besar dalam artian apabila di bandingkan dengan apabila digunakan sebagai bentuk lain, rumah atau villa. Apabila kita membangun dengan rumah atau villa, akan muncul biaya rutin perawatan meski tidak kita huni, misalkan biaya untuk kebersihan, listrik dan lain sebagainya.

Dengan biaya perawatan yang kecil pada kavling produktif, tentu akan memudahkan bagi kita dalam pengelolaan nya. Biaya perawatan tersebut akan di konversi menjadi keuntungan apabila memang tanaman atau lahan produktif kita, sudah menuai panen. Bahkan sangat memungkinkan, kalau penghasilan dari kavling produktif bisa menutup harga beli kavling tersebut.

Mau Mendapatkan Informasi Mengenai Kavling Yang Layak Sebagai Investasi Di Bogor ?

CLICK DI SINI

 

3. Bisa Dibangun Rumah Atau Villa

Mungkin Anda sudah tidak sabar memiliki rumah peristirahatan atau villa ? Kavling produktif bisa di alihfungsikan menjadi villa sesuai dengan keinginan Anda. Bahkan developer biasanya akan membantu Anda dalam proses legalitasnya, sehingga villa impian Anda akan terwujud, meskipun kavling tersebut belum lunas. Dengan memilih kavling sebagai investasi awal, rancangan villa Anda, akan sesuai dengan selera Anda.

Mungkin di awal membeli kavling, karena anda belum cukup dana untuk sekalian membeli villa. Jadi bisa di cicil dengan membeli kavling dulu, sambil menunggu cukup dana, bisa di alihkan sebagai kavling produktif. Dan kalau dananya sudah cukup bisa langsung membangun Villa. Solusi ini cukup fleksible, terutama hal yang berkaitan dengan dana. Apabila Anda memilih untuk langsung membangun villa atau rumah, tapi menunggu dananya cukup, tentu kavling yang anda Incar sudah akan naik harganya. Jadi kejelian dalam berinvestasi disini, sangat di perlukan. Jangan sampai menyesal di kemudian hari.

4. Bisa Di Alihkan Untuk Bisnis

Wah ini, ternyata keuntungan tanah kavling produktif sangat banyak. Kalau Anda pengin punya kebun, kolam ikan atau kolam lobster, dengan memiliki kavling produktif akan mudah di kembangkan. Kalau tujuan dari investasi adalah menghasilkan, tanah kavling produktif memang investasi yang menguntungkan. Kenapa ? karena :

  • Anda tidak perlu mengawasi setiap hari kavling anda.
  • Anda bisa bekerja sama dengan pemilik kavling lainnya di sekeliling Anda, sehingga menjadi kawasan bisnis yang menguntungkan. Dengan bekerjasama sesama pemilik kavling sekitar, tugas anda untuk mengawasi kavling sebenarnya akan lebih ringan. Karena akan saling membantu dengan pemilik yang lain. Biasanya kalau ada developer sebagai pengelola kavling, nanti juga akan berkoordinasi untuk pengawasan kavling.
  • Bisa mencapai keuntungan maksimal dari satu kawasan kavling. Misalkan ada kesepakatan tanah kavling akan di tanami tanaman terntu, sehingga akan menghasilkan kemudahan dalam penjualan hasil kavling.

5. Infrastruktur Tersedia

Biasanya pada kompleks kavling, sudah tersedia infrastuktur yang lebih memadai apabila dibandingkan dengan kavling yang di jual perorangan. Seperti akses jalan baik antar kavling atau akses keluar, listrik, drainase, dan lain sebagainya. Dengan adanya infrastruktur tersebut, tentu kita akan lebih mudah dalam mengelola kavling tersebut.

6. Menghindarkan Gesekan Dengan Tetangga

Salah satu yang menjadi perhatian dalam pembelian kavling yaitu, menghindarkan gesekan dengan tetangga apabila memang kita berencana membeli kavling, terutama menyangkut batas kavling. Ini mungkin terutama untuk membeli kavling dari perorangan akan terjadi gesekan dengan tetangga. Apalagi kalau kita jarang ke kavling kita, tentu resiko akan lebih besar pada pembelian kavling sebgai investasi pada perorangan. Tapi kalau membeli kavling dari developer memang biasanya batas nya lebih jelas dan terjamin.

Jadi keuntungan tanah kavling produktif memang banyak, hal tersebut akan meningkatkan orang dalam mengalihkan investasinya ke tanah kavling produktif. Salah satu kunci dalam investasi pada tanah kavling produktif yaitu, jangan sampai mengharapkan keuntungan yang banyak dalam waktu singkat. Karena memang tanah kavling produktif tetap perlu proses, baik proses kenaikan harga kavling atau proses usaha diatas tanah kavling produktif tersebut, apapun jenis usahanya.

Tertarik dengan keuntungan tanah kavling produktif sebagai bentuk investasi ? cari dulu ilmunya, sebelum memutuskan untuk membeli. Perlu kejelian dalam mengakuisisi tanah kavling produktif. Perbanyak pengetahuan mengenai tanah kavling produktif.

Mau Mendapatkan Informasi Mengenai Kavling Yang Layak Sebagai Investasi Di Bogor ?

CLICK DI SINI

 

Baca juga :

5 Tips Membeli Tanah Kavling Yang Pas Untuk Anda

Investasi Tanah Kavling, Alternatif Investasi Yang Menarik !

https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah

https://id.wiktionary.org/wiki/kavling