Tips membeli tanah kavling

5 Tips Membeli Tanah Kavling Yang Pas Untuk Anda

Apakah sudah tau tips membeli tanah kavling supaya tidak tertipu ? Rencana untuk membeli tanah kavling sebagai investasi, jelas merupakan impian banyak orang. Apalagi apabila membeli kavling investasi, untuk kemudian akan di bangun menjadi sebuah rumah atau villa pribadi. Tanah juga merupakan instrumen investasi yang menjanjikan karena harganya terus meningkat.

Tapi kalau melihat berita, kenapa ada yang membeli tanah untuk tujuan investasi, tapi kemudian ternyata tanah tersebut bermasalah. Nah sebaiknya lebih teliti, sebelum investtasi, supaya tidak kena tipu.

Awas Membeli Kaving Kena Tipu !

Membeli tanah kavling,  sekarang juga menawarkan berbagai kemudahan. Selain itu, tanah kavling, biasanya di jual dengan harga rendah, namun yang perlu di ingat, masih di perlukan biaya tambahan dalam investasi tanah kavling.

Pembeli harus jeli dalam melihat penawaran, supaya tidak menyesal di kemdian hari. Murah dengan segudang keistimewaan pada tanah kavling, mungkin suatu keuntungan, tapi bahasa marketing, kadang-kadang mengaburkan keadaan yang sebenarnya. Jadi tetaplah waspada dalam investasi tanah kavling.

Meskipun berinvestasi atau membeli kavling tanah memiliki risiko besar dalam hal penjualan, selalu ada cara untuk mengatasinya. Apabila Anda jeli, Investasi tanah kavling bisa memberikan keuntungan berlipat untuk Anda. Ada beberapa hal mendetail yang perlu anda ketahui sebelum berinvestasi di tanah kavling.

Tidak semua penjual kavling tanah itu penipu. “Kok di berita banyak penjual kavling bodong ??”, kalau itu yang Anda katakan, mungkin akan lebih baik Anda mempelajari kembali mengenai investasi tanah kavling. Dan tinggalkan, apabila belum yakin, toh investasi Anda sebaiknya membuat kehidupan Anda tenang kedepannya, supaya kita tetap sehat secara mental hehehehe. Kalau yang sering anda lihat di berita, mungkin memang satu kejahatan, tapi apakah di berita akan memberitakan apabila ada penjual kavling tanah jujur dan baik ? tentu tidak, karena itu bukan berita.

Oleh karena itu kenali tips membeli kavling tanah, supaya lebih yakin dalam berinvestasi.

Tips Membeli Tanah Kavling

Tips Membeli Tanah Kavling: Lokasi

Carilah lokasi yang memang akan menguntungkan di masa depan. Kalau saat ini sudah dalam posisi menguntungkan, tentu harga tidak akan murah. Tapi kalau kita mau investasi, kita harus perhitungkan berapa tahun lagi di sekitar lokasi akan menjadi strategis, misal karena adanya pembangunan jalan tol, adanya swalayan di dekat lokasi, dan lain sebagainya. Mencari tanah kavling, untuk investasi, bisa di siasati dengan mencari di harga murah, namun memiliki prospek yang bagus di kemudian hari.

Tips Membeli Tanah Kavling: Legalitas

Pastikan legalitas dari  tanah kavling itu benar dan tidak bermasalah. Pastikan juga developper mempunyai legalitas yang sesuai dengan usahanya. Biasanya legalitas itu antara lain, yaitu

  • Ijin siteplan BPN
  • Sudah pecah sertifikat
  • Izin Pemanfaatan Penggunaan Tanah (IPPT)
  • Proses BPN
  • Proses IMB (jika untuk dibangun).

Disamping itu ada beberapa tambahan pula, tergantung dari kondisi dari kavling, seperti :

  • Apabila suratnya girik or AJB berarti harus ada sudah tidak sengketa, riwayat tanah, dan letter C desa.
  •  Untuk kavling bisa dijual sesuai luasan yang sudah ada pada siteplan.
  • Jika sudah SHM terlebih dahulu sebaiknya dipecah ke BPN sesuai luasan yang siteplan.

Mencermati legalitas, merupakan syarat utama dalam memulai investasi tanah kavling. Kalau tanah kavling, akan kita diamkan sebagai kavling atau kavling produktif tentu mempunyai legalitas yang berbeda. Untuk di bangun menjadi rumah atau bangunan, diperlukan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Biasanya kalau kita membeli tanah kavling ke developer dan bukan perorangan, pihak developer akan membantu dalam proses IMB tersebut.

Lain halnya, kalau tanah kavling yang kita minati bukan di sediakan oleh developper tapi perorangan, mungkin harganya lebih murah, namun kita tidak mau ada problem kan di kemudian hari. Mengingat tujuan kita adalah investasi, dan bukan langsung di tempati tanah kavlingnya. Kalau beli di persorangan mungkin tidak semua persyaratan akan di sediakan. Demikianlah tips membeli kavling tanah, seiring perubahan aturan, mungkin ada beberapa tambahan dokumen yang di perlukan.

Mau Mendapatkan Informasi Mengenai Kavling Yang Layak Sebagai Investasi Di Bogor ?

CLICK DI SINI

 

Tips Membeli Tanah Kavling: Developer

Carilah developer yang memang amanah, dan mempunyai track record yang bagus.  Developer yang bagus, biasanya sudah mempunyai portofolio yang bagus pula dalam mengelola proyek. Kadang kala developer mempunyai proyek berseri, misal Griya Kavling-1, Griya Kavling-2, Griya Kavling-3 dan seterusnya. Dengan track record yang baik, maka akan menunjukkan bahwa kita sedang berurusan dengan developer yang profesional.

Tips Membeli Tanah Kavling: Kondisi Kavling

Kita harus mengetahui mengenai kondisi tanah kavling, kontur tanah, bebas banjir, dan longsor, pada tanah kavling yang akan kita beli, jangan sampai akan menyesal di kemudian hari. Misalkan kita membeli tanah yang ternyata susah air, kalau kedepannya kita berencana untuk membuat tanah kavling kita menjadi tanah perkebunan, pertanian atau rumah sekalipun, akan membutuhkan usaha yang besar dalam mewujudkannya.

Kita juga bisa menanyakan kondisi tanah tersebut pada penduduk di sekitar tanah kavling yang akan di jual, untuk mendapatkan informasi, jangan hanya mendengarkan marketing. Misal kita bisa mampir ke warung di sekitar lokasi, dan sambil berbincang dengan pemilik warung atau orang sekitar mengenai tanah kavling yang akan kita beli. Atau kita bisa ke RT/RW/Kepala desa setempat untuk mencari informasi.

Tips Membeli Tanah Kavling: Bandingkan Harga

Kalau niat kita adalah untuk investasi, maka kita bisa melakukan pembandingan harga pada proyek serupa di sekitar lokasi. Hal tersebut untuk mengetahui apakah harga dan apa yang kita dapat sesuai. Investasi harus menguntungkan di masa depan, tapi kita juga harus ingat bahwa tidak selamanya investasi tanah kavling akan untung, ada kemunkinan rugi juga kan.

Jadi disini investasi dalam bentuk apapun selalu ada resikonya. Meskipun investasi tanah kavling seharusnya memiliki resiko yang lebih kecil, karena kita tetap mempunyai kavling yang bisa gunakan untuk apapun.

Pelajarilah dengan benar tips membeli tanah kavling dengan benar, bukan karena kita mempunyai dana berlebih, kemudian investasi akan sembarangan. Atau hanya tergiur promosi, maka kita akan terjebak dengan developer yang nakal.

Meningkatkan Nilai Tanah Kavling

Apabila kita membeli tanah kavling, belum tentu kita akan menggunakan atau menempatinya sekarang. Mungkin beberapa tahun lagi baru akan kita gunakan. Nah selama menunggu tersebut, ada baiknya kita meningkatkan nilai tanah kavling kita, misalnya dengan menggunakannya sebagai tanah produktif. Misalkan dengan menanami berbagai komuditas yang memang di cari oleh banyak orang, atau digunakan untuk usaha lainnya.

Dengan membeli tanah kavling, dan kita diamkan, dalam beberapa tahun nilai tanah tersebut akan meningkat dengan sendirinya. Apalagi kalau kita bisa mendapatkan manfaat lebih, sambil menunggu kenaikan harga tanah kavling tersebut, kita bisa mendapatkan income tambahan. Siapa tau income tambahan tersebut bisa menutup biaya investasi kita dalam mengakuisisi tanah kavling tersebut.

 

Ada beberapa developer yang menawarkan pola kerjasama semacam itu, jadi dari pihak developer disamping menyediakan tanah kavling, mereka akan menyediakan pula pemeliharaan kavling kita, termasuk dalam penanaman, pemeliharaan, pemanenan hingga mungkin sampai pemasaran.

 

Developer bisa mengerjakan sendiri pemeliharaan atau bisa bekerjasama dengan pihak ketiga, yang biasanya adalah penduduk lokal atau di sekitarnya. Sebenarnya ada keuntungan untuk pembeli apabila memang di kelola oleh developer sendiri, yaitu terus terjalinnya relasi antara pembeli dan developer, artinya tidak developer tidak jual putus. Tapi kalau pemeliharaannya melalui pihak ketiga, biasanya ada kerjasama secara resmi pula.

Tahun-tahun pertama selama masa pemeliharaan biasanya adalah pemeliharaan gratis, selanjutnya bisa di terapkan bagi hasil antara pemelihara dan pemilik lahan. Jadi misalkan Anda tinggal di Jakarta, tidak perlu risau untuk jarang mengunjungi tanah kavling produktif kita. Karena sudah ada pihak yang merawatnya. Ini tentu saja sangat menguntungkan buat pemilik lahan.

Kemudian bagaimana apabila kita memutuskan untuk tidak meneruskan kerjasama, dan akan kita bangun villa, misalnya. Hal tersebut juga bukan merupakan sebuah masalah, karena kitalah yang menjadi pemilik dari tanah kavling tersebut.

Sebuah keuntungan ganda kan dengan berinvestasi tanah kavling tersebut. Jadi jangan bosan-bosan untuk mencari tips membeli tanah kavling, mungkin kita akan bisa mendapatkan keuntungan dari investasi yang kita berikan.

Mau Mendapatkan Informasi Mengenai Kavling Yang Layak Sebagai Investasi Di Bogor ?

CLICK DI SINI

 

 

Baca lagi tips membeli tanah kavling ….

Investasi Tanah Kavling, Alternatif Investasi Yang Menarik !

https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah